Jumat, 06 Mei 2011

Aceh dulu dan Kini

Iseng membaca-baca thread di sebuah forum yang dulu rajin disambangi, maka muncullah postingan ini, forum yang saya maksud adalah aceh forum yang secara jelas dilihat sangat mirip dengan forum nasional kaskus. forum ini adalah forum yang dibentuk khususnya untuk mengenal aceh dan seluk beluknya, juag sebagai ajang kumpulnya anak-anak aceh, walau tak tertutup kemungkinan bagi anak-anak daerah lain yang ingin bergabung.

Sub forum yang sangat saya sukai di ACC adalah Sejarah Aceh, membaca ini maka akan muncul kebanggaan tersendiri sebagai warga aceh. Aceh yg dulunya adalah "negara" dengan kekuatan perang laut hebat, sultan yg amat arif, masyarakat yang religi dan berseni tinggi, hasil alam melimpah denagan kekuasaan hingga malaka (malaysia saat ini) disegani hingga ke eropah.

Tapi setelah tread2 itu selesai dilahap kembali yang muncul hanya miris, seolah-olah apa yang membuat saya bangga itu hanya seperti mimpi, ya itu memang mimpi masa lalu. Aceh tak mampu lagi mepertahankan lautnya dari penjarah-penjarah ikan dari thailand, mereka terlalu cepat dan tangguh walau hanya bermodal kapal mesin seerhana,Saat ini mengaharapkan pemimpin yang betul-betul arif?? yang ada hanya pemimpin yang arif untuk golongannya saja itupun dilakukaanya karena balas budi untuk jasa memenangkan dia. masyarakatnya ?? untuk pendidikan kita tak berbeda jauh dari peringkat yang diraih Irian Jaya ; hanya beberapa nomor dari belakang. religius masyarakat banyak tergerus, haah,, Aceh sekarang bukan Aceh yang dulu lagi.. atau ini memang dampak dari nama Besar yang dulu disandang, sehingga masayarakatnya hanya terduduk sambil membangga-banggakan moyangnya dulu ,

Tulisan saya ini, bukan bermakna pesimis, hanya melihat realitanya saja. kita masih sangat mungkin untuk bangkit dengan motivasi dari kejayaan kita dahulu. untuk meraih kejayaan yg lebih dari sebelumnya, kita Aceh punya modal semangat dan darah moyang kita yang taat, kuat dan cerdas. Kita mampu mejadi khalifah seperti tuntutan moyang kita dahulu. Khalifah yang membawa keagungan Islam untuk dicicap oleh seluruh Alam.


Btw , ini untuk link sub forum yg saya maksud :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar