Selasa, 14 Juni 2011

Sanger .. it means sama-sama ngerti


Saya bukan pecinta kopi, saya hanya penikmat sanger. Memang beda ya?? wah, beda sekali! sangat beda itu. jika diibaratkan species hewan, maka sanger itu sudah berada pada tataran species baru , bukan hanya varietas. Tapi itu bagi saya, dan saya yakin banyak yang akan sefaham.Anda??


Well,apa itu sanger?? sebagai orang Banda Aceh anda pasti sudah kenal yang namanya sanger, kenapa orang Banda?? ya karena saya rasa Sanger itu terkenalnya di Banda Aceh ketika sedang marak-maraknya warkop ber wi-fi akibat tuntutan dan kekreatifan masyarakat Aceh pasca Tsunami Aceh. walau sanger jauh lahir sebelum musibah tsunami 2004. diluar Banda, terutama di pelosok banyak yg masih belum familiar dengan minuman sanger ini. Pernah saya pesan sanger di daerah Calang, Aceh jaya, si pelayannya memastikan ulang apa itu sanger dan setelah saya pesan secara detail hasilya adalah segelas kopi susu, and definetly ianya berbeda. karena bagi saya sanger is sanger dan kopi susu is kopi susu. hal ini juga pernah terjadi di Sigli, meulaboh dan beberapa tempat lainnya

Sanger adalah minuman khas yang ada di Aceh, mungkin sekhas Teh susu telor (TST)nya Medan, walau TST juga ada di aceh, khususnya di Pidie. komposisinya adalah kopi, gula dan sedikit susu. perpaduan inilah yang membuat rasanya khas. konon katanya Kata Sanger berasal dari singkatan "sama-sama ngerti". mahasiswa yang sering nongkrong di warungnya kopi Ulee Kareng " Ayah" sering memesan kopi harga miring tapi tetap terasa nikmatnya , yaitu kopi yang ditambah susu sehingga berasa gurih tetapi sebagai pemanisnya ditambahkan gula. Jadi si toke (pemilik) tak rugi, dan si mahasiswa tak banyak mengeluarkan sennya. sama- sama ngerti lah ..

Tapi seiring meningkatnya pamor si Sanger, harganya juga ikut2an naik segelas sanger berkisar 5.000-6.000 an, jika ditambah es (sanger dingin) mungkin nambah 2000 lagi. tapi anda tidak akan merasa rugi jika koneksi internetnya lancar (pastikan warkopnya ber wi-fi). itung2 lebih hemat dibanding Warnet. :D

Well, sekarang saya udah jarang juga sih menikmasti sanger. Lama-lama bosan juga. Dan tidak baik tentunya untuk kesehatan. Berbeda dengan kopi sachet,komposisi kopi di sanger masih sangar kuat. Kopi Aceh gitu loh!! jadi otomatis cafeinnya juga tinggi dosisnya. dan pastinya itu tidak sehat! Tapi jika sesekali minum sanger, itu baru akan terasa mantap dan nikmatnya. saya bukan pecandu kopi, tapi saya punya beberapa tempat favorit karena cita rasa sangernya.Btw,  jadi pengen nyanger nih!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar